Speaking


Ucapan Salam (Greeting) dalam Bahasa Inggris | Joesin

Share this page  

img-fluid

    Mengucapkan salam dalam bahasa Inggris tidak bisa serta melalui penerjemahan bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris. Harus ada penyesuaian penggunaan ekspresi agar percakapan menjadi semakin alami. Kesopanan, tata bahasa, serta situasi percakapan akan sangat mempengaruhi ekspresi apa yang perlu kita pakai.  Ekspresi berikut bisa jadi bahan belajar kamu untuk melatih percakapan dasar.

1.      Hallo or Hi

    Hallo atau hi bisa digunakan sebagai bentuk sapaan formal namun santai. Biasanya dipakai saat kita sudah pernah bertemu orang tersebut sebelumnya. Jika kita gunakan sapaan ini pada orang yang pertama kali kita temui, bisa jadi orang tersebut berpikir apakah dia pernah bertemu sebelumnya. Ekspresi ini menyelimuti keakraban komunikasi.

 

2.      Hey dan Aloha

    Sapaan hey memiliki kegunaan yang sama dengan hi. Kata ini biasanya diucapkan dalam situasi kasual seperti saat kita bertemu teman di warung kopi, café, sekolah, tempat kerja, dan tempat pertemuan lainnya.

    Sapaan aloha memiliki arti yang sama dengan hey. Hanya saja penggunaan sapaan ini dipengaruhi oleh regional space. Ungkapan ini banyak digunakan di daerah Hawaii. Kamu bisa gunakan kata ini untuk membuat sapaan kamu lebih ringan dan hangat.

    Sapaan yo sering sekali kita dengar di beberapa film luar negeri. Biasanya, ekspresi ini dipakai oleh sekumpulan anak muda yang bertemu. Maka, sangat cocok untuk kamu gunakan kata ini saat menyapa. Bila ingin menambah kehangatan, kamu bisa tambahkan sapaan orang yang kita temui.

Contoh:

Yo, Buddy!

Yo, Bro!

Yo, Dude!

 

    Sapaan tidak resmi bisa kamu baca agar kita lebih banyak memiliki tambahan Slang greeting dalam percakapan.

3.      Good Morning/Afternoon/Evening

    Ekspresi ini tentu saja sudah sangat akrab kita pakai. Ungkapan dengan menunjuk waktu harian berarti menyandarkan pertemuan itu pada waktu pertemuan tersebut. Biasanya, kita gunakan saat kita bertemu seseorang yang sudah kita ajak janjian. Maka, cukup bagus menggunakan eskpresi ini. Jangan salah, ungkapan ini sangat sering dipakai dalam situasi formal kerja atau professional occasion. Ungkapan serupa untuk situasi informal biasanya hanya mengucapkan waktunya saja.

Contoh:

Antoni meets Mr. Pram for an interview.

Antoni: Good morning, Mr. Pram.

Mr. Pram: Good morning, Mr. Antoni. Sit down please.


Antoni meets his roommate at coffee shop.

Antoni: Evening, Rio.

Rio: Evening, Toni.

 

4.      It’s Nice to Meet You

    Ungkapan ini adalah frasa yang kita gunakan untuk mengungkapkan betapa senangnya kita masih diberikan kesempatan bertemu dengan orang yang kita ajak bicara. Biasanya diucapkan setelah pengucapan salam. Biasanya dipakai saat situasi formal namun hangat dan santai.

 

Contoh:

Mr. Lukman meets Mrs. Nadia at the office meeting.

Mr. Lukman: Good morning, Mrs. Nadia.

Mrs. Nadia: Good morning too, Mr. Lukman

Mr. Lukman: It’s nice to meet you, Mrs.

Mrs. Nadia: Nice to meet you too, Mr. Lukman.

    Dalam situasi yang lebih informal, kamu bisa gunakan beberapa frasa berikut.

-          Nice to see you

-          Glad to see you

-          Great to see you

Contoh:

Rana meets Rian at the public library.

Rana: Glad to see you here, Rian.

Rana: Great to see you.

 5.  It’s a Pleasure to Meet You or It’s an Honor to Meet You

    Ungkapan ini hampir sama dengan It’s nice to meet you. Perbedaannya hanya pada penekanan. Ungkapan ini menunjukkan kita sangat menghormati orang yang kita temui. Misalnya, kamu bertemu dengan seorang manager, orang tua, atau orang lain dengan status yang kita hormati. Tidak lupa, biasanya terjadi saat kita pertama kali atau jarang bertemu orang tersebut.

Contoh:

Yudi meets his manager for meeting presentation

Manager: Good morning, Yudi.

Yudi: Morning, Sir. It’s a pleasure to meet you.

Manager: Me too, thanks. 

    Untuk menyudahi pembicaraan atau salam perpisahan, bisa kamu lanjutkan,